Silahkan hubungi kami

Selasa, 07 Oktober 2014

Pengibaran Bendera di Tebing Batu Laki


         Bermacam cara warga Indonesia lakukan untuk memperingati hari kemerdekaan, dan salah satunya pengibaran bendera merah putih di tebing Batu Laki oleh Mapala Sylva. Kali ini kembali lagi mereka (Mahasiswa Pencinta Alam Mapala Sylva Fakultas Kehutanan UNLAM) berada didepan tebing besar yang orang banyak sebut “Batu Laki”. Tebing besar yang menjadi tempat pilihan anak-anak Mahasiswa Pencinta Alam untuk melakukan pemanjatan. Lokasinya yang berada di kawasan pegunungan Meratus dan berada di antara desa Malutu dan Desa Batu Laki, 14 KM dari kota kandangan Hulu sungai selatan. Dan kali ini pemanjatan batu laki kembali dimulai.
          17 Agustus 2014. Dengan peralatan lengkap dan memenuhi standar, team pemanjatan Mapala Sylva yang terdiri dari anggota aktif Mapala Sylva Awaludin, Bani Rahman, Endang, Masrupah dan seorang wana albisya Mapala Sylva Avent melakukan pemanasan serta doa sebelum memulai. Pada pukul 12:35 mereka memulai saja mngeluarkan peralatan panjat yang dibawa, sang leader (pemimpin) awaludian melakukan orientasi jalur yang akan di panjat, pada pukul 1:00 pemanjatan di mulai dengan sang pembilay bani rahman juga sebagai cleaner (pembersih alat), pemanjatan di tebing yang di lakukan sangat  sedikit susah karena jalur tebingnya aga licin dan point-poin pada tebing sedikit. Kurang lebih dua jam leader sampai di atas dan pemanjat berikutnya bani rahman sbgai cleaner, setelah sampai atas di lanjutkan pemanjatan oleh endang, dan disusul avent yang terakhir di urutan pemanjatan. Setelah smuanya di atas kami pun turun dengan cara vertical discander(turun) secara bergantian.
          “Semoga dengan pemanjatan ini dapat meningkatkan pemanjatan-pemanjatan tebing yang dapat menjadi icon Kal-sel sebagai salah satu lokasi yang tersedia tebing dan belum termanfaatkan sebagai media wadah latihan. Serta untuk menumbuhkan semangat pemanjat untuk memperingati hari kemerdekaan ini” Tutur kata Avent saat ditanya kesan dan pesan dalam melakukan kegiatan ini.
          “Bukan hanya sekedar memanjat, kami disini mengibarkan bendera merah putih dengan tujuan memperingati hari kemerdekan, kenapa kami lakukan di tebing ini, karena kami berpikir mungkin sudah banyak orang mengibarkan bendera dipuncak gunung dan tiang bendera, kenapa tidak untuk kali ini kami yang bergelut didunia panjat, ingin mengibarkan dengan bangga bendera merah putih ditebing” Jelas Bani Rahman dengan bangga.
          Beberapa kali Mapala Sylva sudah pernah melakukan pemanjatan di Batu Laki, dan kali ini Mapala Sylva melakukan pemanjatan di Batu Laki sekaligus melakukan pengibaran bendera merah putih untuk memperingati kemerdekaan Republik Indonesia ini. (endang/yumpe)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar