Rangkuman Ekspedisi Mapala Sylva Mautt 2016-2019 !!! (PART I)

Ekspedisi??? Ada yang tahu nggak ekspedisi itu apa??
Ekspedisi adalah petualangan yang dilakukan pada daerah baru (bagi pelaksana). Ada juga yang mengatakan ekspedisi ialah perjalanan jauh dan panjang ke suatu daerah yang belum pernah didatangi orang.
Dalam perjalanan ekspedisi, sangat diperlukan manajemen yang baik. Manajemen itu sendiri berarti suatu proses yang sistematis melalui POAC (planning organizing, actuating, control) untuk mencapai suatu tujuan. Dan orang yang melakukan manajemen itu adalah Manajer, dan seorang manajer harus bisa:
1. Conceptual Skill (kemampuan untuk membuat suatu rancangan)
2. Human Skill ( kemampuan berkomunikasi dengan seksama )
3. Technical Skill (kemampuan menguasai teknik lapangan)
Selama 3 tahun terakhir ini, Mapala Sylva sudah menjalankan beberapa ekspedisi ke berbagai daerah di Indonesia. Berikut beberapa rangkuman ekspedisi kami, semoga bermanfaat :)

1. Ekspedisi Gunung Rinjani

Gunung Rinjani adalah gunung yang berlokasi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung yang merupakan Gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 mdpl serta terletak pada lintang 8º25' LS dan 116º28' BT ini merupakan gunung favorit bagi pendaki Indonesia karena keindahan pemandangannya. Gunung ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani yang memiliki luas sekitar 41.330 ha dan ini akan diusulkan penambahannya sehingga menjadi 76.000 ha ke arah barat dan timur. Ekspedisi ini dilakukan pada bulan september  2016 oleh anggota penuh dan anggota luar biasa mapala sylva.





2. Ekspedisi Rock Climbing Tebing Batu Laki



Ekspedisi ini dilakukan untuk memenuhi persyaratan menjadi anggota penuh Mapala Sylva yang dilaksanakan oleh Calon Anggota BF (Sekarang sudah jadi pengurus loh...). Panjat tebing ini dilakukan di tebing Batu Laki tepatnya berada bersebelahan di desa Malutu Kec. Padang Batung di Kab. Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan. Ekspedisi ini dilaksanakan pada bulan November 2016.






3. Ekspedisi Gunung Merbabu


Gunung Merbabu adalah gunung api yang bertipe Strato yang terletak secara geografis pada 7,5° LS dan 110,4° BT. Secara administratif gunung ini berada di wilayah Kabupaten Magelang di lereng sebelah barat dan Kabupaten Boyolali di lereng sebelah timur dan selatan, Kabupaten Semarang di lereng sebelah utara, Provinsi Jawa TengahPuncak gunung Merbabu berada pada ketinggian 3.145 meter di atas permukaan air laut. Gunung Merbabu mempunyai kawasan hutan dipterokarp bukit, hutan dipterokarp atas, hutan montane, dan hutan gunung. Ekspedisi ini dilakukan pada Januari 2017 oleh angkatan BE dengan Wana Albisya.


4. Ekspedisi Gunung Sumbing




Gunung Sumbing adalah gunung api yang terdapat di Jawa Tengah, Indonesia dengan Ketinggian puncak 3.371 mdpl. Gunung Sumbing merupakan gunung tertinggi ketiga di Pulau Jawa setelah Gunung Semeru dan Gunung Slamet. Gunung ini secara administratif terletak di tiga wilayah kabupaten, yaitu Kabupaten Magelang; Kabupaten Temanggung; dan Kabupaten Wonosobo. Ekspedisi ini dilakukan oleh anggota mapala sylva dan timnya pada februari 2017.






5. Ekspedisi Gunung Bawakaraeng

Gunung Bawakaraeng berada di wilayah Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Di lereng gunung ini terdapat wilayah ketinggian, Malino, tempat wisata terkenal di Sulawesi Selatan. Secara ekologis gunung ini memiliki posisi penting karena menjadi sumber penyimpan air untuk Kabupaten Gowa, Kota Makassar, Kabupaten Bantaeng, Kabupaten Bulukumba dan Kabupaten Sinjai. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.845 mdpl dari permukaan laut yang tidak dapat diremehkan jalur pendakiannya. Ekspedisi ini dilakukan oleh anggota mapala sylva dan timnya pada september 2017.

6. Ekspedisi Olahraga Arus Deras Sungai Satui

Sungai satui adalah sebuah sungai yang berada pada Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. sungai satui ini memang tidak terlalu deras jeramnya tetapi asik untuk dilakukan pengarungan. Ekspedisi ini sudah pernah diulas pada blog ini sebelumnya (silahkan dibaca :)). Ekspedisi ini dilakukan oleh Calon anggota BG (sekarang sudah jadi anggota dan pengurus lohh) untuk menjadi anggota penuh yang dilaksanakan pada November 2017.



Gimana ekspedisinya dari rekan-rekan mapala sylva? rame kan? Mau tau ekspedisi lainnya? Pantengin terus yaa Blog Kami inii. Dijamin masih banyak yang dibahas mengenai ekspedisi, tunggu Part 2-nya Yaaa :) :) <3



Komentar

Postingan populer dari blog ini

SYLVA SYLVA SYLVA MAUT !!!

LATIHAN PEMANTAPAN

LATIHAN GABUNGAN